Rabu, 19 September 2012

Nurul Arifin: Tak Masalah Wisata Saat Kunker LN Asal Tugas Beres

Jakarta Rombongan Anggota Baleg DPR yang kunker ke Denmark menyempatkan berwisata menyusuri sundai indah di Copenhagen dengan kapal wisata. Anggota Komisi II DPR dari Golkar Nurul Arifin menganggap hal ini wajar.

"Menurut saya proporsional saja melihat ini. Negara-negara lain juga melakukan hal serupa. Banyak negara yang melaksanakan studi banding juga ke Indonesia. Ada waktunya kita bertemu dengan kementrian dan pejabat-pejabat terkait di negara tujuan. Jika ada waktu senggang, wajar jika menyempatkan diri wisata. Yang terpenting adalah tujuan kerjanya terpenuhi," kata Nurul kepada detikcom, Jumat (7/9/2012).

Menurut Nurul, argumentasi bahwa mencari informasi dapat dilakukan melalui internet itu benar, walau tidak sepenuhnya kebutuhan itu ada di sana. Bagi Nurul, interaksi sosial, mengenal budaya negara lain, memperkenalkan Indonesia kepada negara-negara lain dan menjadi bagian dari masyarakat global hanya dapat dilakukan dengan interaksi secara langsung.

"Kita lihat juga para birokrat melakukan hal yang sama tapi tidak pernah dikritisi media. Dan membayangkan profesi-profesi lain ketika menjalankan tugas pun pastinya ada waktu sela untuk santai," kata Nurul.

Menurut Nurul, selama anggota DPR punya tanggungjawab, tak masalah sedikit berwisata. Baginya, anggota DPR tahu batas-batasnya.

"Kita tahu diri kok, kita juga manusia biasa. Kita mengerti bahwa gaji kita dari rakyat. Oleh karenanya kita tidak terus hura-hura. Kalo begitu, durhaka namanya,"tegasnya.

Anggota Baleg DPR yang berkunjung ke Denmark untuk studi banding RUU PMI ternyata menyempatkan diri bersantai. Anggota DPR tertangkap kamera sedang menyusuri Copenhagen Channel (Sungai Copenhagen) dengan perahu wisata.

Berdasarkan foto yang dikirim oleh pembaca detikcom, Kamis (6/9/2012), 10 anggota Baleg DPR peserta kunker Panja RUU PMI tampak sedang bercanda di atas perahu wisata menyusuri sungai di Copenhagen. Beberapa diantara mereka tampak mengenakan kacamata hitam untuk menghindari terik matahari. Di bawah perahu mereka mengalir aliran sungai nan jernih.

"Anggota DPR yang sedang berkunjung ke Denmark untuk membahas logo PMI terlihat sedang turut tour sekitar kanal di Copenhagen Channel. Foto diambil sekitar pukul 14.30 siang ini waktu setempat," kata sumber dari pembaca detikcom yang enggan disebutkan namanya.

Menurut pengirim foto tersebut, para anggota dewan sedang berada di Nyhavn, Copenhagen, Denmark. Kebetulan pembaca detikcom ini yang memang bekerja dan berdomisili di Denmark, memergoki para anggota dewan itu.

Saat dikonfirmasi detikcom, Ketua Baleg DPR Ignatius Mulyono yang juga ikut berangkat ke Denmark tidak membantah tentang hal ini. Ignatius menduga teman-temannya sedang berada di daerah teluk. Namun Ignatius menuturkan, dirinya memang lebih banyak istirahat di hotel saat tidak ada kegiatan.

1 komentar:

  1. Menurut saya, studi banding juga baik, tetapi,lebih baik lagi jika mengerjakan tugasnya daripada studi banding, karena saya melihat bahwa aspirasi rakyat tidak dihiraukan oleh para pejabat, tetapi malah mereka studi banding, jadi selesaikan tugas terlebih dahulu baru santai-santai, jangan lupakan masalah rakyat.

    BalasHapus